Sign up with your email address to be the first to know about new products, VIP offers, blog features & more.

[mc4wp_form id="5505"]

Sate Taichan di Tasik

By Posted on 0 5 m read 4.7K views

Sate Taichan di Tasik

Can I be honest with you guys? Back then when I still live in Bandung I never had a chance to visit the famous Sate Taichan there, padahal yang asli sate taichan itu ada di Bandung kan, ya? Lebih tepatnya bukan gak ada kesempatan sih, tapi emang gak niat aja cobanya. Kalau di Bandung admin lebih suka Sate DJ yang pedas-pedas asin banyak micin. Hahahaha.

Makanya begitu datang ke Tasik dan banyak yang tanya sate taichan gimana rasanya, I totally had no idea. Karena ya emang gak pernah coba sama sekali. Bahkan bentukannya kaya apa aja admin gak tau. *kemudian merasa gagal jadi admin*

Sebenarnya apasih sate taichan itu? Dan apa bedanya sate ini dengan sate-sate lain? Well, mari kita tulis dulu sejarah sate taichan ini. Menurut sejarah yang dimuat dalam tulisan wikipedia, awal mula adanya sate taichan ini adalah karena ada salah satu orang Jepang yang tidak suka dengan sate bumbu kacang madura and instead dia buat sendiri sate ayam yang masih mentah tapi diberi bumbu jeruk nipis dan garam, setelah dibakar dia meminta sambal dan dimakan lah sate hasil racikannya tersebut, ketika ditanya apa nama sate tersebut, pria jepang tersebut menjawab “taichan”.

Dari cerita di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara sate taichan dan sate biasa adalah dari cara membumbui sate tersebut. Jika sate biasa dibumbui dengan bumbu kacang, sate taichan ini hanya menggunakan sambal sebagai bumbunya, serta sate taichan ini diberi bumbu garam dan jeruk nipis terlebih dahulu sebelum dibakar.

Itulah mengapa kebanyakan sate taichan dagingnya berwarna putih, karena bumbu yang digunakan sebelum dibakar hanya garam dan jeruk nipis.

Dengan semakin berkembangnya infromasi di media sosial, di Tasik juga makin banyak makanan yang asalnya hanya ada di Bandung sekarang jadi ada di Tasik. Salah satu contohnya adalah sate taichan ini. Ada 3 tempat Sate Taichan di Tasik yang sudah admin coba sejauh ini, di antaranya adalah Sate Mang Iwa, Sate Kandang dan Sate Taichan Bossku.

Maka ditulisan kali ini, mari kita tulis masing-masing review tentang sate taichan ini.

Sate Taichan Mang Iwa

1. Rumah Sate Mang Iwa

Sebelum jualan di Jl. Laswi ternyata Sate Mang Iwa sudah berjualan di tempat lain. Bahkan mereka menyebutkan bahwa satenya sudah mulai berjualan sejak tahun 1985, artinya sudah sekitar 30 tahunan lebih sate ini berjualan. Namun memang baru-baru ini menu sate taichan dihadirkan karena banyaknya permintaan dari pelanggannya.

Meskipun dalam hal sate taichan ini Sate Mang Iwa tergolong baru, namun orderan sate taichan di Mang Iwa ini tak pernah sepi dari pengungjung. Sate Taichan dari Mang Iwa ini adalah sate taichan pertama yang admin coba dan tanpa ada paksaan apapun, admin harus bilang bahwa sate taichan di sini enak banget! Bahkan saking enaknya, hari itu juga admin langsung beli 2 kali. Padahal baru dari sana pas makan siang, malamnya admin mampir lagi karena ketagihan. Damn!

Sate Taichan Ayam

Untuk yang seneng pedes, rasanya Sate Mang Iwa ini adalah pilihan yang tepat. Karena untuk admin sambel di sini sangat-sangat pedas. Saking pedasnya cuma bisa cocol-cocol dikit aja. Jangan lupa makannya dicampur dulu dengan taburan asin dan jeruknya biar sensasi asam, pedas dan asinnya dapet!

Sate Taichan Kulit

Sate Taichan Campur

Sate Taichan Indomie

Sate Taichan di Mang Iwa ini ada beberapa pilihan di antaranya; ayam, sapi, telur puyuh, kulit sapi, usus, sayap dan yang terbaru ini ada kulit ayam. Sate Taichan kesukaanku tentunya yang ayam, apalagi kalau dibungkus. Entah kenapa makan sate ini lebih enak dibungkus dibandingkan makan langsung ditempat. Satu porsi sate taichan ayam di sini adalah Rp. 17.000 dan biasanya ada paket yang sudah termasuk lontong/nasi dan minum.

Alamat Sate Mang Iwa kini ada dua; satu di Jl. Laswi dan satu lagi di Jl. BKR atau lebih tepatnya di ruko sebrang Saung BKR.

Sate Kandang

2. Sate Kandang

Tempat sate yang beralamat di Jl. Ibu Apipah ini adalah pendatang baru baik di dunia kuliner tasik ataupun di persatean. Meskipun terbilang baru, Sate Kandang ini mempunyai beberapa menu yang tak kalah enaknya dengan tempat-tempat sate lain.

Sate Asin Pedas Ayam

Sate Taichan Saus Keju

Sate Taichan Mozzarella

Sate Asin Sapi

Selain sate taichan, di Sate Kandang ini mereka juga menjual sate ayam asin dan sate sapi asin, rasa yang dihadirkan dari sate asin ini adalah asin pedas. Persis seperti sate DJ di Bandung namun dengan tingkat kepedasan di bawahnya. Ada sensasi bikin nagih dari setiap gigitan di sate asin ini, uniknya lagi, makan sate asin di Sate Kandang diberi semacam kuah kaldu. Sambal yang dihidangkan juga berbeda dengan sambal untuk sate taichan, sambal di sini semacam menggunakan sambal goang. Saranku, coba sate sapi asinnya karena menu yang itu super duper enak dibandingkan yang lainnya. Katanya, yang menjadi best seller di sini adalah sate kambing asinnya, namun berhubung kutak suka kambing jadi gak bisa coba.

Harga sate di sini adalah Rp. 1.500/tusuk. Kalau di antara kalian mau coba sensasi keju dicampur dengan taichan bisa dicoba juga tambah topping keju mozzarellanya atau saus kejunya.

Sate Taichan Bossku Culinary

3. Bossku Culinary

Wait, before I write anything, I’ll tell you one information, ternyata sate taichan ini cabang dari Bandung, loh. Admin baru tau pas berkunjung ke sini dan kebetulan bisa ngobrol sama si Ibu penjualnya. Lol.

Sate taichan dari Bossku Culinary ini beralamat di Jl. Tarumanagara atau lebih tepatnya ada di Tarumanagara Food Court. Selain menu sate taichan ayam, di sini juga menjual sate usus, sate kulit, sate telur puyuh, sate kikil dan sate sayap. Admin dah coba semuanya kecuali kikil dan jatuh cinta sama sate kulitnya di sini. Teksture dari sate kulit di sini kering tapi masih ada basah dan dicampur dengan sambalnya yang pas alias tidak terlalu pedas. Untuk sambal di sini, admin bisa abis sendiri karena memang tidak terlalu pedas. Sebenernya sate taichan ayam di sini juga enak tapi entah kenapa hatiku memilih sate kulitnya daripada sate ayamnya. Hahahaha.

Sate Taichan Campur

Sate Taichan Kulit

Sate Taichan Ayam

Harga satu porsinya semua Rp. 18.000 kecuali telur puyuh Rp. 30.000 dan sayap Rp. 50.000. Eits, worry not, itu satu porsinya isi 10 tusuk sate. Selain sate, ketan susu di sini enak banget! Apalagi yang Ketang Susu Mangga tambah topping Ice Cream Vanilla. Beuh, cocok sekali dimakan setelah sambel pedas dari taichannya. T O P!

Jadi, di antara 3 tempat sate taichan yang sudah admin tulis di atas, kesukaan kalian yang mana? Kalau admin masing-masing punya keunikannya. Untuk Sate Mang Iwa admin lebih suka sate taichan ayamnya, untuk Sate Kandang admin lebih suka sate sapi asinnya dengan kuah unik mereka dan untuk Bossku Culinary admin lebih suka sate kulit ayamnya. He He He.

Terima kasih sudah membaca postingan ini, untuk referensi kuliner lain bisa follow kita di Instagram @kulinertasik.

Xoxo

Share this article

No Comments Yet.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *