Sign up with your email address to be the first to know about new products, VIP offers, blog features & more.

[mc4wp_form id="5505"]

Pho Ngon: Restoran Vietnam Pertama di Tasikmalaya

By Posted on 0 4 m read 3.6K views

You might also noticed that my middle name has always been ‘skeptical’ towards anything, food included, terutama makanan Vietnam. Wrong me not karena awal tau makanan Vietnam aku agak bingung mereka tuh maunya apa?! AND YET I HAVE NEVER TASTED ONE OF THEM. As a Libra, ngomel dulu adalah nomor satu. Wakakaka. Pernah sih makan sekali Banh Mi nya mereka di salah satu Boulangerie di Bandung tapi ya gitu nothing special, I even said to my friend Subway is much much much better than this Banh Mi. Long story short, semua skeptikalku terkalahkan setelah aku coba Pho di Bali, aku lupa nama Restonya apa, yang jelas Phonya mereka enak!!!

 

Until recently, temanku tanya di mana cari Pho atau makanan Vietnam di Tasik. Sejauh yang aku tau di Tasik kan emang gak ada ya makanan Vietnam, belum pernah ada malah. But she’s truly a lucky bishhh, baru beberapa hari tanya taunya ada yang whatsapp aku untuk ajak kerja sama dan ternyata mereka Resto Vietnam known as Pho Ngon. Wakakakaka. Yaudah kan setelah kepo Instagramnya mereka dan tau kalau mereka udah punya beberapa cabang dan penasaran juga untuk membandingkan, akhirnya aku bilang okey untuk datang dan coba makanan mereka.

Beberapa makanan dan minuman yang aku coba di Pho Ngon Tasik adalah Bahn Mi Bo (37K), Pho Bo (35K), Cha Gio/Vietnamese Spring Roll (22K), Durian Pannacotta (24K), Ca Phe Trung/Vietnamese Egg Coffee (30K). Dari semua menu yang keluar aku semuanya btw wakakakaka tapi yah ada tapinya. Lebih details aku tulis satu-satu di bawah sini, ya.

Bahn Mi Bo (37K)

Bahn Mi nya mereka ini ada dua tipe: satu Bo dan satu lagi Ga. Bo adalah Sapi dan Ga adalah ayam. Jadi Bahn Mi yang aku coba kemarin adalah Bahn Mi dengan isian sapi ya. Begitu Bahn Mi nya keluar satu yang bikin kaget adalah ukurannya gedong juga ya, bok! Wakakakaka. Selain sapi isiannya juga dikasih sayuran berupa wortel, lobak, daun ketumbar, timun dan saus khas Prancis yaitu Pate. As I read from Wikipedia, Bahn Mi ini ternyata Fusion Food dan di Vietnam sana mereka makan Bahn Mi untuk sarapan atau snack.

Jadi buat lidahku rasanya gimana? Untuk isian sapi dan rotinya sendiri buatku cocok dan enak enak aja, dimakan barengan jadi dapet sensasi krispi dari kulit baguette dan timunnya, tipe baguettenya yang soft jadi gak begitu susah untuk dimakan dan baguettenya mereka freshly made every day. Tapi ada tapinya nih, pas aku makan ada satu rasa yang ganggu dan aku sendiri kurang suka, bukan tok gak suka yah, rasanya seperti lemak dan aku yakin ini dari sausnya mereka. Ternyata setelah ditanyakan, saus yang aku maksud itu adalah Saus Pate. Saus ini emang saus khasnya Bahn Mi dan berasal dari Prancis. Aku pribadi sih kalau next order akan pesan tanpa saus Pate ini karena gak cocok aja. Tapi kalau kalian penasaran dan mau coba, pesen aja seperti biasanya ya!

 

Pho Bo (35K)

Sama kaya Bahn Minya mereka, Pho juga ada dua tipe: Ayam dan Sapi. Pho ini salah satu makanan yang bikin skeptisku luluh terhadap makanan Vietnam. Bisa dibilang Pho ini Bakminya orang Vietnam kali ya. Wakakakaka. Bedanya cuma di mie aja yang menurutku lebih mirip kwetiaw tapi lebih keras dan lebih tipis. Eh beda sih, kuahnya mereka beda kaya bakmi kita, kuahnya lebih berempah dan bikin anget banget belum lagi sayuran-sayurannya yang beda buat toppingnya. Anyway aku agak kaget pas mereka pisah sayurannya karena takut aku gak suka sayurannya, great touch anyway. Sayurannya mereka juga tanam sendiri dan gak ada di pasaran karena sayuran yang dipakainya sama persis seperti yang di Vietnam. UWOW!!!

Setelah aku coba dan makan pake cabenya, aku suka sih ini kuahnya; berempah dan bikin anget tapi gak yang lebay dan semuanya tambah enak setelah aku pakein saus asli vietnamnya khusus buat Pho. GILS TAMBAH ENAK BINGITS. Ampe abis btw aku makannya. Wakakakakaka. Topping Beef Slicenya juga enak, lembut dan gak alot. I gotta say ini makanan yang paling enak dari kunjunganku ke sini. KUDU COBA!!!

Cha Gio (22K)

Cha Gio atau Vietnamese Sprill Roll ini agak berbeda dari Spring Roll pada umumnya karena menurutku isian Cha Gio lebih gurih dibandingkan dengan Spring Roll. Alasan utamanya jelas karena bahan dasarnya pun berbeda untuk isian mereka. Spring Roll pada umumnya berisi lebih dominan sayuran dibandingkan ayam/udangnya, sedangakn Cha Gio ini lebih banyak daging ayamnya dibandingkan sayurannya. That’s why aku suka banget sama menu mereka yang satu ini. Level sukanya lebih ke addictive sih karena gurih dan kecil-kecil. Cocok banget dimakan sama Pho! Satu porsi isinya 4 dan sudah dikasih saus manis pedas ala Pho Ngon, tapi pas aku coba kemarin sausnya kemanisan. Bakal lebih enak kalau pedes banget. Wakakakaka. #NGAREP

Durian Pannacotta (24K)

I won’t say much about my dessert that day, satu kata aja: ENAAAAAK! Even abis dalam itungan menit karena seenak ini. Super creamy, wangi banget duriannya, manisnya pas, teksturenya milky silky yang enak banget pas dimakan. Udah, pokoknya wajib banget pesen ini kalau ke sini. W A J I B. Titik. Apalagi kalau kalian pecinta durian kaya akoh!

Vietnamese Egg Coffee (30K)

Aku agak aneh sih sebenernya pas baca menu minuman yang ini. I mean how can you put an egg together with coffee? Second thoughts crossed my mind; yakin ini gak akan bau telur atau gimana gitu? Wakakakaka. As always ya, skeptis! Padahal setelah dicoba rasanya enaque, ternyata campuran telurnya itu dimixer dulu gitu ampe jadi foam dan foamnya buatku enak sekaleeeeeh. Manis-manis gurih dan tambah enak setelah disruput bareng kopinya. Oh, hampir lupa, kopinya mereka bawa langsung di Vietnam yah.

Sekian reviewku tentang Pho Ngon ini. Semoga makanan dan minuman di sini cocok juga ya buat kalian. Selamat mencoba dan terima kasih sudah membaca!

Share this article

No Comments Yet.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *